Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sistem Komputer dan Perangkatnya

  • Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat Keras adalah perangkat yang mendukung proses komputerisasi yang dapat dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung. Perangkat keras yang terdapat pada komputer terdiri atas: 
  • Keyboard adalah alat input yang mengkonversi huruf, angka, dan karakter lain menjadi sinyal digital yang dapat dibaca oleh processor. 
  • Mouse adalah alat input yang digunakan untuk memanipulasi objek yang terlihat pada layar komputer.  
Laptop telah terintegrasi dengan perangkat input yang satu ini namun dalam bentuk lain. Alat input pengganti mouse pada laptop sudah sampai pada teknologi touchpad yang berupa area khusus yang dapat mendeteksi gerakan jari yang menyentuh kemudian diproyeksikan pada layar monitor dalam bentuk kursor. Touchpad ini biasanya terletak pada bagian bawah keyboard. 



Beberapa laptop khususnya keluaran terbaru tidak menampilkan secara fisik dengan menonjolkan tombol klik kiri atau kanannya, tetapi terletak pada posisi yang sama, yaitu bagian bawah kiri, kanan pada trouchpad dan tepi kanan untuk scroll vertikalnya.


  • Optical Disk (CD/DVD/BD) adalah media penyimpanan disk (piringan/cakram) yang membutuhkan perangkat khusus untuk mengaksesnya yang disebut CD/DVD/BD drive.    
  • Monitor adalah salah satu perangkat yang berguna untuk menampilkan informasi yang dihasilkan dari proses input. Ada beberapa jenis monitor yang populer digunakan, seperti monitor tabung dan LCD/LED. 
 


  • Printer merupakan perangkat output yang menghasilkan dokumen berupa cetakan.  
  • Printer Laserjet (Sumber epson.co.id) 
  • Modem (modulator demodulator) merupakan perangkat yang digunakan untuk melakukan koneksi ke internet. 
  • Wifi (wireless fidelity) merupakan perangkat untuk koneksi jaringan nirkabel yang menggunakan gelombang radio dengan frekuensi 2,4Mhz. 
  • Port merupakan suatu celah/pintu/lubang pada sistem komputer yang digunakan untuk jalur transfer data. Beberapa port yang sering digunakan adalah : 
USB (Universal Serial Bus) 
Port ini merupakan port yang memiliki fungsi untuk jalur transfer data berbagai perangkat, seperti flashdisk, printer, modem, scanner, ponsel, dan kamera digital. 

VGA (Video Graphic Adapter) 
Port ini digunakan untuk menghasilkan keluaran berupa tampilan pada monitor, LC/LED TV atau LCD Proyektor. 
HDMI (High-Definition Multimedia Interface) 
Port ini memiliki fungsi hampir sama denga port VGA namun dengan kualitas lebih tinggi dan juga mendukung suara.  

Soundcard 
Port ini berfungi untuk menjematani antara PC/Laptop dengan speaker aktif sehingga mampu menghasilkan suara atau lebih keras. 

Posting Komentar untuk "Sistem Komputer dan Perangkatnya "