Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Website,Link,Url dan domain



Website, link, URL, dan domain adalah istilah yang sering digunakan dalam dunia internet, tetapi memiliki arti yang berbeda. Berikut adalah penjelasan singkat tentang perbedaan antara keempat istilah tersebut:


- **Website** adalah kumpulan halaman web yang saling berkaitan dan tertuju pada satu alamat domain⁵. Contoh website adalah [Hostinger](^2^) atau [Microsoft](^8^).

- **Link** adalah teks atau gambar yang bisa diklik untuk mengarahkan pengguna ke halaman web lain. Link biasanya berwarna biru dan bergaris bawah. Contoh link adalah [klik di sini](^1^) atau [gambar ini](^4^).

- **URL** adalah alamat web lengkap yang digunakan untuk menemukan halaman web tertentu³. URL terdiri dari beberapa elemen, seperti protokol, subdomain, nama domain, ekstensi domain, path, dan parameter. Contoh URL adalah [https://www.hostinger.co.id/tutorial/cara-membuat-website](^11^) atau [https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-domain/#Perbedaan_Domain_dan_URL](^1^).

- **Domain** adalah nama unik yang berfungsi untuk mengarahkan pengguna ke website tertentu¹. Domain biasanya diakhiri dengan ekstensi, seperti .com, .id, dan sejenisnya. Contoh domain adalah www.hostinger.co.id atau www.microsoft.com.


(1) Simak Perbedaan Web Page dan Website Berikut ini! - Vocasia. https://vocasia.id/blog/perbedaan-web-page-dan-website/.

(2) Apa Itu URL? Pengertian URL, Contoh, dan Strukturnya - Hostinger. https://www.hostinger.co.id/tutorial/apa-itu-url.

(3) undefined. https://www.microsoft.com/.

(4) Apa Itu Domain? Pengertian, Domain, Fungsi, dan Jenisnya - Niagahoster. https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-domain/.

(5) Apa Perbedaan Nama Domain dengan URL? - MakeWebaEasy Blog. https://www.makewebeasy.com/id/blog/apa-perbedaan-nama-domain-dengan-url/.

(6) Mengenal lebih jauh istilah URL dan Nama Domain - DISKOMINFO. https://diskominfo.kuburayakab.go.id/read/75/mengenal-lebih-jauh-istilah-url-dan-nama-domain.

(7) undefined. https://www.hostinger.co.id/tutorial/cara-membuat-website.

(8) Apa Itu Domain? Pengertian, Domain, Fungsi, dan Jenisnya - Niagahoster. https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-domain/.

(9) Apa Itu Domain? Pengertian, Domain, Fungsi, dan Jenisnya - Niagahoster. https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-domain/.

(10) undefined. https://www.niagahoster.co.id/blog/domain-murah.

(11) undefined. https://www.hostinger.co.id/.

(12) undefined. https://www.linux.org/.

(13) undefined. https://www.hostinger.co.id/tutorial.

(14) Getty. https://media.gettyimages.com/vectors/web-pages-layout-internet-browser-windows-with-website-elements-ui-vector-id1159783563?b=1&k=6&m=1159783563&s=612x612&w=0&h=MBH8udtFj14IASP8uX-VdqzmBfJ-lHW4VmcmrdwqQyE=.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Website,Link,Url dan domain"