Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khutbah Jumat "Berbakti Kepada Orang Tua"

### Khutbah Jumat: Berbakti kepada Orang Tua



**Khutbah Pertama**


**Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.**


Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga, sahabat, dan para pengikutnya yang setia hingga akhir zaman.


Hadirin jamaah Jumat yang dirahmati Allah,


Pada kesempatan yang mulia ini, marilah kita tingkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT dengan sebenar-benarnya takwa, yaitu dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Salah satu perintah Allah yang sangat penting dan sering kali ditekankan dalam Al-Quran adalah berbakti kepada orang tua.


Allah SWT berfirman dalam Surah Al-Isra ayat 23-24:


> "Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: ‘Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.’"


Hadirin sekalian,


Dari ayat tersebut kita memahami bahwa berbakti kepada orang tua adalah suatu kewajiban yang tidak bisa ditawar-tawar. Allah SWT memerintahkan kita untuk selalu berkata baik dan sopan kepada orang tua, merendahkan diri kita di hadapan mereka, dan mendoakan mereka dengan penuh kasih sayang.


Rasulullah SAW juga bersabda dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu anhu:


> "Aku bertanya kepada Nabi, ‘Amal apakah yang paling dicintai oleh Allah?’ Beliau menjawab, ‘Shalat pada waktunya.’ Aku bertanya lagi, ‘Kemudian apa?’ Beliau menjawab, ‘Berbakti kepada kedua orang tua.’ Aku bertanya lagi, ‘Kemudian apa?’ Beliau menjawab, ‘Jihad di jalan Allah.’" (HR. Bukhari dan Muslim)


Dari hadis tersebut, kita dapat melihat betapa tinggi nilai berbakti kepada orang tua dalam pandangan Islam. Bahkan, berbakti kepada orang tua ditempatkan setelah kewajiban shalat.


**Khutbah Kedua**


**Ma'asyiral Muslimin rahimakumullah,**


Pada khutbah kedua ini, marilah kita merenungkan beberapa bentuk nyata dalam berbakti kepada orang tua yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.


1. **Berkata Lemah Lembut**: Hindarilah berkata kasar, membentak, atau memperlakukan mereka dengan tidak sopan. Gunakan kata-kata yang baik dan sopan dalam setiap percakapan dengan orang tua kita.

2. **Membantu dan Melayani Mereka**: Berusahalah untuk selalu membantu orang tua dalam kebutuhan sehari-hari mereka, baik itu pekerjaan rumah, urusan kesehatan, atau hal lainnya. Lakukan dengan ikhlas dan tanpa pamrih.

3. **Menghormati dan Menghargai Mereka**: Berikan penghormatan dan penghargaan yang tinggi kepada orang tua. Jangan sekali-kali mempermalukan mereka di depan orang lain atau merendahkan mereka.

4. **Mendoakan Mereka**: Jangan lupa untuk selalu mendoakan orang tua kita, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia. Doa anak yang sholeh adalah amal jariyah bagi orang tua.


Marilah kita bersama-sama meningkatkan bakti kita kepada orang tua sebagai wujud nyata ketaatan kita kepada Allah SWT. Semoga kita termasuk ke dalam golongan hamba-hamba-Nya yang selalu berbakti kepada orang tua dan mendapatkan ridha-Nya.


**Khatimah**


**Hadirin jamaah Jumat yang dimuliakan Allah,**


Sebelum kita akhiri khutbah ini, marilah kita memohon kepada Allah SWT agar memberikan kita kekuatan dan kemudahan untuk selalu berbakti kepada orang tua kita. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita dan dosa-dosa orang tua kita, serta memasukkan kita semua ke dalam surga-Nya yang penuh dengan kenikmatan.


**Rabbana atina fid dunya hasanah, wa fil akhirati hasanah, wa qina ‘adzabannar.**


**Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.**

Posting Komentar untuk "Khutbah Jumat "Berbakti Kepada Orang Tua""