KUMPULAN ICE BREAKING (SENAM OTAK dan GAME SINGKAT)
Ice breaking adalah kegiatan untuk memusatkan perhatian dan daya
konsentrasi otak sebelum melakukan suatu kegiatan pembelajaran,
seminar, workshop, maupun diseminasi agar peserta lebih siap dalam
memulai kegiatan.
Berikut contoh-contoh Ice Breaking yang dapat diterapkan :
1. Tangkap jari telunjuk saat mendengar kata “harimau”. Anda meminta
2 audiens berpasangan untuk menengadahkan salah satu tangannya dan
yang lain menaruh jari telunjuk kearah telapak tangan pasangannya. Jika
Anda sampai pada kata “harimau” maka segera meminta audiens
menangkap jari telunjuk rekannya, namun rekannya yang lain segera
mengangkat jari telunjukknya tersebut agar tidak tertangkap. Pastikan
Anda mengecoh audiens pada kata hari mau, hariman, dan harimin...agar
audiens terkecoh
Ceritanya :
Pada suatu hari mau malam di hutan belantara ada hariman yang sedang
tersesat di jalan. Tiba-tiba di balik semak-semak belukar hariman melihat
harimin dikejar harimau
2. Ikuti apa kata saya Ini ayam, yang ini kambing, kalau yang ini sapi.
Ayam bisa
menggunakan jempol, kambing bisa menggunakan jari kelingking, sapi
bisa menggunakan jari telunjuk. Tanyakan kembali kepada audiens
dengan kalimat “ini apa?” sambil memperlihatkan jari kelingking. Audiens
akan menjawab kambing...padahal jawabannya ayam (karena
intruksinya “ini apa”)
3. Tepuk bumi bulan/hijau hitam
4. Tepuk tangan 1..tepuk tangan 2..tepuk tangan 3 tepuk 1 (tanpa
bertepuk)
5. Metode everyone is teacher siswa diminta menuliskan pertanyaan di
potongan
kertas
yang
ingin
ditanyakan
tapi
malu
menyampaikan/bahkan tidak tahu apa yang ingin disampaikan padahal
ingin bertanya lalu kemudian guru meminta memberikan potongan
kertas berisi pertanyaan tsb ke teman-teman lainnya
6. Tepuk semangat (prok prok prok)...se..ma..ngat seeemangaattt
(pembuka)
7. satu...dua...tiga...satu...dua jadi tepuk...tiga....satu....dua jadi tepuk tiga
angkat tangan
8. Rambut warnanya...? hitam; Daun warnanya...? hijau; Susu warnanya
? Putih;
Sapi minum...? Susu (jawaban yang benar minum air)
9. Guru berkata...semua berdiri (setiap ada kata “guru berkata” maka
audiens mengikuti, jika tidak ada kata “guru berkata” maka audiens tidak
boleh mengikuti)
10. Ikuti apa yang dilihat...Anda memegang telinga tapi mengatakan
hidung,memegang mulut tapi mengatakan mata, dan seterusnya.
11. Cerita bersambung....mulailah sebuah cerita singkat (per kalimat) lalu
minta setiap peserta menambahkan satu kalimat secara bergantian.
12. Bung KaMat (samBung Kata jadi kaliMat)....buat 3 kata kemudian
berikan kepada peserta lain untuk disusun menjadi sebuah kalimat
padu dalam waktu maksimal 10 detik
13. Tepuk paha pegang pipi....peserta diminta berdiri berjejer maupun
melingkar (pokoknya disamping kanan kirinya ada temannya) lalu
diminta untuk menepuk pahanya 2x lalu tepuk...sementara salah
seorang yg menjadi giliran diminta pegang pipi dan begitu seterusnya
secara berantai
14. Ikuti apa yang saya katakan(pakai spidol 3 warna, ini merah yang ini biru
kalau yang ini hitam. tapi diberikan spidol yang berlawanan warna
dengan ucapan)
15. Bermain kebalikan (Jika Anda bilang “Semut”, maka audiens bilang
“kecil” sambil gerakan semisal Gajah itu kecil dengan tangan
membentuklingkaran yang besar)
16. Senam otak : Tembak kelinci dan putar tangan bebarengan
17. Are u ready? Yes I am...Are u crazy? No im not...ditanyakan
berulang-ulangsampai audiens menjawab yang salah
18. 1 2 3 4 5 6 dengan tangan kanan diangkat keatas, kedepan, dan
diturunkan.Tangan kiri diangkat keatas dan diturunkan
19. Kalau kau suka hati tepuk tangan (audiens injak bumi) kalau kau suka
hati injak bumi (audens tepuk tangan)
@Menurut Saluran WA Ruang GTK
10+ Ide Ice Breaking di Kelas Anti Garing, Bikin Suasana Jadi Cair & Seru!
Pernah nggak sih, masuk kelas terus suasananya hening banget kayak kuburan? Guru atau pemateri bingung mau mulai dari mana, pesertanya juga masih malu-malu kucing. Nah, di sinilah peran ice breaking jadi penting banget!
Ice breaking adalah kegiatan singkat dan menyenangkan yang dirancang untuk memecah kebekuan, mencairkan suasana canggung, dan membuat semua orang di kelas jadi lebih rileks dan saling kenal. Yuk, simak beberapa ide ice breaking di kelas yang gampang dan pastinya seru!
Kenapa Sih Ice Breaking di Kelas Itu Penting?
Sebelum masuk ke permainannya, kamu perlu tahu dulu manfaatnya:
* Mencairkan Suasana: Mengubah suasana kaku jadi lebih santai dan akrab.
* Meningkatkan Fokus: Membantu siswa atau peserta kembali fokus sebelum materi dimulai.
* Membangun Koneksi: Mendorong interaksi dan kerja sama antar peserta.
* Memberi Energi Positif: Bikin mood jadi lebih baik dan semangat belajar meningkat.
Udah siap?
Ini dia kumpulan ide ice breaking seru yang bisa kamu coba!
Kategori: Perkenalan & Mengenal Satu Sama Lain
Cocok banget buat hari pertama masuk sekolah, kuliah, atau sesi training.
1. Dua Kebenaran, Satu Kebohongan (Two Truths, One Lie)
Ini adalah game klasik yang nggak pernah gagal bikin orang penasaran.
* Cara Main:
* Minta setiap orang untuk memikirkan tiga pernyataan tentang diri mereka: dua pernyataan adalah fakta (kebenaran), dan satu lagi adalah kebohongan.
* Secara bergiliran, setiap orang menyebutkan ketiga pernyataannya (urutan acak).
* Peserta lain menebak mana pernyataan yang bohong.
* Setelah semua menebak, orang tersebut akan mengungkapkan mana yang bohong dan cerita singkat di baliknya.
* Kenapa Seru? Game ini memancing rasa ingin tahu dan sering kali memunculkan fakta-fakta unik yang tak terduga dari setiap orang.
2. Rantai Nama dan Sifat
Permainan simpel untuk mengingat nama teman-teman sekelas dengan cara yang lucu.
* Cara Main:
* Orang pertama menyebutkan namanya ditambah satu kata sifat yang berawalan sama dengan huruf depan namanya. Contoh: "Dani Dermawan".
* Orang kedua harus mengulang nama orang pertama, lalu menyebutkan namanya sendiri. Contoh: "Dani Dermawan, lalu saya Sarah Semangat".
* Orang ketiga harus mengulang nama orang pertama, kedua, dan seterusnya.
* Terus berlanjut sampai semua orang dapat giliran. Siap-siap ketawa kalau ada yang lupa!
* Kenapa Seru? Melatih daya ingat dan menciptakan momen lucu saat ada yang salah sebut atau lupa urutan.
3. Jaring Laba-Laba (Spider Web)
Ice breaking ini butuh satu gulung benang atau tali rafia dan cocok untuk membangun koneksi secara visual.
* Cara Main:
* Semua peserta berdiri membentuk lingkaran.
* Orang pertama memegang gulungan benang, menyebutkan nama dan satu fakta menarik tentang dirinya (misal: "Saya Budi, hobi saya mancing").
* Setelah itu, dia tetap memegang ujung benang dan melempar gulungannya ke orang lain di seberang lingkaran.
* Orang yang menangkap benang melakukan hal yang sama: sebut nama, fakta unik, lalu lempar lagi ke orang lain sambil tetap memegang benangnya.
* Terus lakukan sampai semua orang terhubung oleh benang dan membentuk "jaring laba-laba".
* Kenapa Seru? Secara visual menunjukkan bahwa semua orang di kelas saling terhubung satu sama lain.
Kategori: Pemanasan Otak & Konsentrasi
Cocok dilakukan di tengah-tengah pelajaran untuk mengembalikan fokus yang mulai hilang.
4. Sambung Kata Berantai
Game cepat yang menguji kreativitas dan kecepatan berpikir.
* Cara Main:
* Tentukan satu tema, misalnya "Nama Buah", "Nama Hewan", atau "Benda di Dapur".
* Orang pertama menyebutkan satu kata sesuai tema. Contoh tema "Buah": "Apel".
* Orang berikutnya harus menyebutkan kata lain yang huruf depannya adalah huruf terakhir dari kata sebelumnya. Contoh: "Leci".
* Lanjut terus sampai ada yang terlalu lama berpikir atau salah sebut.
* Kenapa Seru? Cepat, kompetitif, dan sering kali memunculkan jawaban-jawaban yang tidak terduga dan lucu.
5. Tepuk Konsentrasi (Tepuk Pagi-Siang-Malam)
Sederhana tapi efektif untuk mengembalikan fokus peserta.
* Cara Main:
* Berikan instruksi:
* Jika instruktur bilang "Pagi!", tepuk tangan 1 kali.
* Jika instruktur bilang "Siang!", tepuk tangan 2 kali.
* Jika instruktur bilang "Malam!", tepuk tangan setengah (kedua telapak tangan hampir bertemu tapi tidak bersentuhan, karena malam waktunya tidur/hening).
* Instruktur akan memberi aba-aba secara acak dan dengan kecepatan yang bervariasi.
* Siapa yang salah tepuk, bisa diberi hukuman seru (menyanyi, joget, dll).
* Kenapa Seru? Melatih kecepatan respon motorik dan konsentrasi. Suasana jadi heboh saat banyak yang salah!
Kategori: Ice Breaking Online (Untuk Kelas Daring)
Kelas online juga butuh ice breaking biar nggak monoton!
6. Tebak Gambar (Gartic Phone / Pictionary Online)
Manfaatkan fitur whiteboard atau situs pihak ketiga untuk bermain tebak gambar.
* Cara Main:
* Satu orang dipilih sebagai penggambar.
* Instruktur memberikan kata rahasia melalui private chat.
* Orang tersebut menggambar petunjuk di layar, dan peserta lain berlomba menebak di kolom chat.
* Kenapa Seru? Hasil gambar yang kadang "abstrak" jadi sumber tawa utama.
7. Tunjukkan Benda di Sekitarmu!
Game simpel yang bikin peserta bergerak dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.
* Cara Main:
* Instruktur akan memberi perintah, "Cari dan tunjukkan ke kamera... sebuah benda berwarna biru!" atau "benda yang paling kamu suka di mejamu!".
* Peserta diberi waktu 5-10 detik untuk mencari benda tersebut dan menunjukkannya ke kamera.
* Kenapa Seru? Cepat, aktif, dan memberikan sedikit bocoran tentang kepribadian atau lingkungan masing-masing peserta.
Posting Komentar untuk "KUMPULAN ICE BREAKING (SENAM OTAK dan GAME SINGKAT)"