ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) INFORMATIKA KELAS 11
PEMAHAMAN KONSEP INFORMATIKA
Elemen |
BK- (Berfikir
Komputasional) Tematis |
Capaian Pembelajaran Pertahun |
Dapat
memahami strategi algoritmik standar sebagai penerapan berpikir komputasional
pada berbagai bidang untuk menghasilkan beberapa solusi dari persoalan dengan
data diskrit bervolume besar. |
Fase / Alur Tujuan Pembelajaran |
10.1. Peserta didik mampu melakukan computational
thinking untuk memecahkan persoalan yang lebih kompleks dari sebelumnya
dengan data bervolume lebih besar. 10.2. Peserta didik mampu Memecahkan persoalan
kompleks yang membutuhkan dekomposisi, abstarksi dan reprentasi data dan
ukuran data cukup besar. |
Jumlah Jam |
2 x Pertemuan
(2 JP x 45 Menit) |
Kata Kunci |
Computational
thinking,persoalan
kompleks yang membutuhkan dekomposisi, abtraksi, dan reprentasi data. |
Topik |
Persoalan yang lebih kompleks yang membutuhkan dekomposisi,
abstrak, dan reprentasi data dan ukuran besar, computational thinking untuk
memecahkan persoalan yang lebih kompleks. |
Glosarium |
Computational
thinking, kompleks, abstrak, dekomposisi, representasi, strategi, diskrit,
komputasional. |
Profil Pelajar Pancasila |
Kreatif
mampu memodifikasi dan
menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. Mandiri
menekankan pada prakarsa dan
tanggung jawab atas pengembangan dirinya dengan mempertimbangkan potensi,
minat, situasi dan tuntutan perkembangan. |
Elemen |
TIK - Teknologi Informasi Komunikasi |
Capaian Pembelajaran Pertahun |
Dapat memanfaatkan berbagai
aplikasi secara bersamaan dan optimal untuk berkomunikasi, mencari informasi
di internet, serta mahir menggunakan fitur lanjut aplikasi perkantoran
(pengolah kata, angka, dan presentasi) beserta otomasinya untuk mengintegrasikan
dan menyajikan konten aplikasi dalam berbagai representasi yang memudahkan
analisis dan interpretasi konten tersebut. |
Fase / Alur Tujuan Pembelajaran |
10.1. Peserta didik mampu mengembangkan rencana
pengujian, menguji dan
mendokumentasikan hasil uji artefak kumputasional (produk TIK - Informatika). 10.2. Peserta didik mampu mengeksplorasi pelajaran
media online dengan intraksi
materi-materi atau tes dalam intraksi tersebut. 10.3. Peserta didik mampu berkolaborasi
dengan mata pelajaran dengan
materi-materi yang diberikan oleh bapak ibu guru dengan memanfaat TIK dalam
pembelajaran. |
Jumlah Jam |
3 x Pertemuan
(2 JP x 45 Menit) |
Kata Kunci |
Pelajaran
media online, hasil uji artefak kumputasional, fitur lanjut aplikasi perkantoran, konten
aplikasi dalam berbagai representasi. |
Topik |
Rencana
pengujian, menguji hasil uji artefak kumputasional (produk TIK -
Informatika), pelajaran media online dengan intraksi materi-materi, mata pelajaran dalam
materi-materi dengan memanfaat TIK dalam pembelajaran, konten aplikasi dalam
berbagai representasi, fitur lanjut aplikasi perkantoran. |
Glosarium |
Mahir, internet, media online, uji artefak,
informatika, intraksi, eksplorasi, representasi, analisis, komputasional. |
Profil Pelajar Pancasila |
Berpikir
kritis untuk mencapai sebuah
kesuksesan pada target. Kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang memberi
kesempatan individu untuk mencapai ide-ide. Kritis
tanpa memaksakan pendapatnya sendiri)
dan kreatif (selalu berupaya aktif menolong orang-orang
yang membutuhkan dan mencarikan solusi terbaik untuk mendukung. |
Posting Komentar untuk "ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) INFORMATIKA KELAS 11"