Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) INFORMATIKA KELAS 11

 

PEMAHAMAN KONSEP INFORMATIKA

 

Elemen

BK-  (Berfikir Komputasional) Tematis

Capaian Pembelajaran Pertahun

Dapat memahami strategi algoritmik standar sebagai penerapan berpikir komputasional pada berbagai bidang untuk menghasilkan beberapa solusi dari persoalan dengan data diskrit bervolume besar.

Fase / Alur Tujuan Pembelajaran

10.1.  Peserta didik mampu melakukan computational thinking untuk memecahkan persoalan yang lebih kompleks dari sebelumnya dengan data bervolume lebih besar.

10.2.  Peserta didik mampu Memecahkan persoalan kompleks yang membutuhkan dekomposisi, abstarksi dan reprentasi data dan ukuran data cukup besar.

Jumlah Jam

2 x Pertemuan (2 JP x 45 Menit)

Kata Kunci

Computational thinking,persoalan kompleks yang membutuhkan dekomposisi, abtraksi, dan reprentasi data.

Topik

Persoalan yang lebih kompleks yang membutuhkan dekomposisi, abstrak, dan reprentasi data dan ukuran besar, computational thinking untuk memecahkan persoalan yang lebih kompleks.

Glosarium

Computational thinking, kompleks, abstrak, dekomposisi, representasi, strategi, diskrit, komputasional.

Profil Pelajar Pancasila

Kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak.

Mandiri menekankan pada prakarsa dan tanggung jawab atas pengembangan dirinya dengan mempertimbangkan potensi, minat, situasi dan tuntutan perkembangan.

 

 

Elemen

TIK - Teknologi Informasi Komunikasi

Capaian Pembelajaran Pertahun

Dapat memanfaatkan berbagai aplikasi secara bersamaan dan optimal untuk berkomunikasi, mencari informasi di internet, serta mahir menggunakan fitur lanjut aplikasi perkantoran (pengolah kata, angka, dan presentasi) beserta otomasinya untuk mengintegrasikan dan menyajikan konten aplikasi dalam berbagai representasi yang memudahkan analisis dan interpretasi konten tersebut.

Fase / Alur Tujuan Pembelajaran

10.1.  Peserta didik mampu mengembangkan rencana pengujian, menguji dan  mendokumentasikan hasil uji artefak kumputasional (produk TIK - Informatika).

10.2.  Peserta didik mampu mengeksplorasi pelajaran media online dengan intraksi  materi-materi atau tes dalam intraksi tersebut.

10.3.  Peserta didik mampu berkolaborasi dengan  mata pelajaran dengan materi-materi yang diberikan oleh bapak ibu guru dengan memanfaat TIK dalam pembelajaran.

Jumlah Jam

3 x Pertemuan (2 JP x 45 Menit)

Kata Kunci

Pelajaran media online, hasil uji artefak kumputasional,  fitur lanjut aplikasi perkantoran, konten aplikasi dalam berbagai representasi.

Topik

Rencana pengujian, menguji hasil uji artefak kumputasional (produk TIK - Informatika), pelajaran media online dengan intraksi  materi-materi, mata pelajaran dalam materi-materi dengan memanfaat TIK dalam pembelajaran, konten aplikasi dalam berbagai representasi, fitur lanjut aplikasi perkantoran.

Glosarium

Mahir, internet, media online, uji artefak, informatika, intraksi, eksplorasi, representasi, analisis, komputasional.

Profil Pelajar Pancasila

Berpikir kritis untuk mencapai sebuah kesuksesan pada target. Kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang memberi kesempatan individu untuk mencapai ide-ide.

Kritis tanpa memaksakan pendapatnya sendiri)  dan  kreatif  (selalu berupaya aktif menolong orang-orang yang membutuhkan dan mencarikan solusi terbaik untuk mendukung.


c



Posting Komentar untuk "ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) INFORMATIKA KELAS 11"