CAPAIAN PEMBELAJARAN INFORMATIKA KELAS 11
Informatika adalah sebuah disiplin ilmu yang mencari pemahaman dan mengeksplorasi dunia di sekitar kita, baik natural maupun artifisial yang secara khusus tidak hanya berkaitan dengan studi, pengembangan, dan implementasi dari sistem komputer, serta pemahaman terhadap prinsip-prinsip dasar pengembangan. Dengan belajar Informatika peserta didik dapat menciptakan, merancang, dan mengembangkan produk berupa artefak komputasional (computational artefact) dalam bentuk perangkat keras, perangkat lunak (algoritma, program, atau aplikasi), atau satu sistem berupa kombinasi perangkat keras dan lunak dengan menggunakan teknologi dan perkakas (tools) yang sesuai. Informatika mencakup prinsip keilmuan perangkat keras, data, informasi, dan sistem komputasi yang mendasari proses pengembangan tersebut. Oleh karena itu, informatika mencakup sains, rekayasa, dan teknologi yang berakar pada logika dan matematika. Istilah Informatika dalam bahasa Indonesia merupakan padanan kata yang diadaptasi dari Computer Science atau Computing dalam bahasa Inggris. Peserta didik mempelajari mata pelajaran Informatika tidak hanya untuk menjadi pengguna komputer, tetapi juga untuk menyadari perannya sebagai problem solver yang menguasai konsep inti (core concept), terampil dalam praktik (core practices) menggunakan dan mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), serta berpandangan terbuka pada aspek lintas bidang.
Mata pelajaran
Informatika memberikan fondasi
berpikir komputasional yang merupakan kemampuan problem solving yaitu keterampilan generik yang penting seiring
dengan perkembangan teknologi digital yang pesat. Peserta didik ditantang untuk
menyelesaikan persoalan komputasi yang berkembang mulai dari kelas I sampai
dengan kelas XII, mulai dari data sedikit sampai dengan data banyak, mulai dari
persoalan kecil dan sederhana sampai dengan persoalan besar,
kompleks, dan rumit,
serta mulai dari
hal yang konkrit sampai
dengan abstrak dan
samar atau ambigu.
Mata pelajaran Informatika juga meningkatkan kemampuan peserta didik
dalam logika, analisis, dan interpretasi data yang diperlukan dalam literasi,
numerasi, dan literasi sains, serta membekali peserta didik dengan kemampuan
pemrograman yang mendukung pemodelan dan simulasi dalam
sains komputasi (computational science) dengan menggunakan TIK. Proses pembelajaran
Informatika berpusat kepada peserta didik (student-centered
learning) dengan prinsip pembelajaran berbasis penyelidikan (inquiry-based learning), pembelajaran
berbasis masalah (problem-based learning),
dan pembelajaran berbasis proyek (project-based
learning). Guru dapat menentukan tema atau kasus sesuai dengan kondisi
lokal, terutama tema atau kasus tentang analisis data.
Mata pelajaran Informatika
dilaksanakan secara inklusif bagi semua peserta didik di seluruh Indonesia,
sehingga pembelajarannya dapat menggunakan
komputer (plugged) maupun tanpa
komputer (unplugged). Pembelajaran
Informatika pada jenjang SD menekankan pada fondasi berpikir komputasional (computational thinking),
diintegrasikan dalam tema
atau mata pelajaran
lainnya terutama dalam Bahasa,
Matematika dan Sains. Pembelajaran Informatika mendukung kemampuan peserta
didik dalam mengekspresikan kemampuan berpikir secara terstruktur dan pemahaman
aspek sintaksis maupun semantik dalam Bahasa, membentuk kebiasaan peserta didik
untuk berpikir logis dalam Matematika, serta kemampuan menganalisis dan
menginterpretasi data dalam Sains.
Posting Komentar untuk "CAPAIAN PEMBELAJARAN INFORMATIKA KELAS 11"