Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP Fase E - Informatika

ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN INFORMATIKA FASE E

(Sesuai Kemendikbudristek No. 33 Th. 2022 Tentang Capaian Pembelajaran)

 

A.  IDENTITAS

Nama dokumen    :    Alur dan Tujuan Pembelajaran

Mata Pelajaran     :    Informatika

Fase                       :    E

Kelas                     :    10

Penyusun             :   

 

B.   CAPAIAN PEMBELAJARAN FASE E

Pada akhir fase E, peserta didik: a) mampu mendeskripsikan fungsi dan cara kerja sistem komputer, bagaimana komponen- komponen sistem bekerja dan saling berinteraksi, memahami internet dan jaringan lokal serta mengkoneksikan perangkat ke jaringan lokal dan internet, enkripsi data, mengumpulkan dan mengintegrasikan data dari berbagai sumber baik secara manual atau otomatis menggunakan perkakas yang sesuai, mengintegrasikan potongan objek dalam berbagai format dari berbagai aplikasi untuk disajikan dalam berbagai representasi yang memudahkan analisis dan interpretasi, dan menggunakan fitur lanjut dan otomasi dari aplikasi perkantoran; b) mampu menerapkan berpikir komputasional dengan strategi algoritmik standar untuk mengembangkan program komputer yang terstruktur dalam bahasa pemrograman prosedural tekstual sebagai solusi atas persoalan berbagai bidang yang mengandung data diskrit bervolume tidak kecil, bergotong royong untuk menyelesaikan suatu persoalan kompleks dengan mengembangkan (merancang, mengimplementasi, memperbaiki, menguji) artefak komputasional yang bersentuhan dengan bidang lain sesuai kaidah proses rekayasa, serta mengomunikasikan secara lisan dan tertulis rancangan produk, produk, dan prosesnya; dan c) mampu mengenal sejarah perkembangan komputer dan tokoh- tokohnya, memahami aspek teknis, hukum, ekonomi, lingkungan, dan sosial dari produk TIK, hak kekayaan intelektual, dan lisensi. mengenal berbagai bidang studi dan profesi terkait informatika serta peran informatika pada bidang lain.

 

C.   RASIONAL DAN KONTEKS

Informatika adalah sebuah disiplin ilmu yang mencari pemahaman dan mengeksplorasi dunia di sekitar kita, baik natural maupun artifisial yang secara khusus tidak hanya berkaitan dengan studi, pengembangan, dan implementasi dari sistem komputer, tetapi juga pemahaman terhadap prinsip-prinsip dasar pengembangan. Peserta didik dapat menciptakan, merancang, dan mengembangkan produk berupa artefak komputasional (computational artifact) dalam bentuk perangkat keras, perangkat lunak (algoritma, program, atau aplikasi), atau sistem berupa kombinasi perangkat keras dan lunak dengan menggunakan teknologi dan perkakas (tools) yang sesuai. Informatika mencakup prinsip keilmuan perangkat keras, data, informasi, dan sistem komputasi yang mendasari proses pengembangan tersebut. Oleh karena itu, Informatika mencakup sains, rekayasa, dan teknologi yang berakar pada logika dan matematika. Istilah Informatika dalam bahasa Indonesia merupakan padanan kata yang diadaptasi dari Computer Science atau Computing dalam bahasa Inggris. Peserta didik mempelajari mata pelajaran Informatika tidak hanya untuk menjadi pengguna komputer, tetapi juga untuk menyadari perannya sebagai problem solver yang menguasai konsep inti (core concept), terampil dalam praktik (core practices) menggunakan dan mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), serta berpandangan terbuka pada aspek lintas bidang.

Mata pelajaran Informatika memberikan fondasi berpikir komputasional yang merupakan kemampuan problem solving yaitu keterampilan generik yang penting seiring dengan perkembangan teknologi digital yang pesat. Peserta didik ditantang untuk menyelesaikan persoalan komputasi yang berkembang mulai dari kelas I sampai dengan kelas XII, mulai dari data sedikit sampai dengan data banyak, mulai dari persoalan kecil dan sederhana sampai dengan persoalan besar, kompleks, dan rumit, serta mulai dari hal yang konkret sampai dengan abstrak dan samar atau ambigu. Mata pelajaran Informatika juga meningkatkan kemampuan peserta didik dalam logika, analisis, dan interpretasi data yang diperlukan dalam literasi, numerasi, dan literasi sains, serta membekali peserta didik dengan kemampuan pemrograman yang mendukung pemodelan dan simulasi dalam sains komputasi (computational science) dengan menggunakan TIK. Proses pembelajaran Informatika berpusat pada peserta didik (student-centered learning) dengan prinsip pembelajaran berbasis inkuiri (inquiry-based learning), pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning), dan pembelajaran berbasis projek (project-based learning). Guru dapat menentukan tema atau kasus sesuai dengan kondisi lokal, terutama tema atau kasus tentang analisis data.

Mata pelajaran Informatika dilaksanakan secara inklusif bagi semua peserta didik di seluruh Indonesia, sehingga pembelajarannya dapat menggunakan komputer (plugged) maupun tanpa komputer (unplugged). Pembelajaran Informatika pada jenjang SD menekankan pada fondasi berpikir komputasional (computational thinking), diintegrasikan dalam tema atau mata pelajaran lainnya terutama dalam Bahasa, Matematika dan Sains. Pembelajaran Informatika mendukung kemampuan peserta didik dalam mengekspresikan kemampuan berpikir secara terstruktur dan pemahaman aspek sintaksis maupun semantik dalam Bahasa, membentuk kebiasaan peserta didik untuk berpikir logis dalam Matematika, serta kemampuan menganalisis dan menginterpretasi data dalam Sains.

Mata pelajaran Informatika berkontribusi terhadap profil pelajar Pancasila dalam memampukan peserta didik menjadi warga yang bernalar kritis, mandiri, kreatif melalui penerapan berpikir komputasional; serta menjadi warga yang berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong-royong melalui Praktik Lintas Bidang (core practices) untuk menghasilkan artefak komputasional yang dikerjakan secara berkolaborasi dalam kerja kelompok baik secara luring maupun daring dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Kemampuan bekerja mandiri dan berkolaborasi secara daring merupakan kemampuan penting sebagai anggota masyarakat abad ke-21. Peserta didik diharapkan dapat menjadi warga digital (digital citizen) yang beretika dan mandiri dalam berteknologi informasi, sekaligus menjadi warga dunia (global citizen) yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME.

 

D.   CAPAIAN BERDASARKAN ELEMEN

Elemen

Capaian Pembelajaran

Berpikir Komputasional (BK)

Pada akhir fase E, peserta didik mampu menerapkan strategi algoritmik standar untuk menghasilkan beberapa solusi persoalan dengan data diskrit bervolume tidak kecil pada kehidupan sehari-hari maupun implementasinya dalam program komputer.

Teknologi Informasi dan

Komunikasi (TIK)

Pada akhir fase E, peserta didik mampu memanfaatkan berbagai aplikasi secara bersamaan dan optimal untuk berkomunikasi, mencari sumber data yang akan diolah menjadi informasi, baik di dunia nyata maupun di internet, serta mahir menggunakan fitur lanjut aplikasi perkantoran (pengolah kata, angka, dan presentasi) beserta otomasinya untuk mengintegrasikan dan menyajikan konten aplikasi dalam berbagai representasi yang memudahkan analisis dan interpretasi konten tersebut.

Sistem Komputer (SK)

Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami peran sistem operasi dan mekanisme internal yang terjadi pada interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak, dan pengguna.

Jaringan Komputer dan

Internet (JKI)

Pada akhir fase E, peserta didik mampu menerapkan konektivitas jaringan lokal, komunikasi data via ponsel, konektivitas internet melalui jaringan kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi, internet), enkripsi untuk memproteksi data pada saat melakukan penyambungan perangkat ke jaringan lokal maupun internet yang tersedia.

Analisis Data (AD)

Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami aspek privasi dan keamanan data, mengumpulkan data secara otomatis dari berbagai sumber data, memodelkan data berbagai bidang, menerapkan siklus pengolahan data (pengumpulan, pengolahan, visualisasi, analisis, interpretasi, dan publikasi) dengan menggunakan perkakas TIK yang sesuai, serta menerapkan strategi pengelolaan data yang tepat guna dengan mempertimbangkan volume dan kompleksitasnya.

Algoritma dan Pemrograman

(AP)

Pada akhir fase E, peserta didik mampu menerapkan praktik baik konsep pemrograman prosedural dalam salah satu bahasa pemrograman prosedural dan mampu mengembangkan program yang terstruktur dalam notasi algoritma atau notasi lain, berdasarkan strategi algoritmik yang tepat.

Dampak Sosial Informatika

(DSI)

Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami sejarah perkembangan komputer dan tokoh-tokohnya, memahami hak kekayaan intelektual, lisensi, aspek teknis, hukum, ekonomi, lingkungan, dan sosial dari produk TIK, memahami berbagai bidang studi dan profesi bidang Informatika serta peran Informatika pada bidang lain.

Praktika Lintas Bidang (PLB)

Pada akhir fase E, peserta didik mampu bergotong royong dalam tim inklusif untuk mengerjakan projek bertema Informatika dengan mengidentifikasi persoalan, merancang, mengimplementasi, menguji, dan menyempurnakan program komputer didasari strategi algoritma yang sesuai sebagai solusi persoalan masyarakat serta mengomunikasikan produk, proses pengembangan dan manfaatnya bagi masyarakat secara lisan maupun tertulis.

 


 


ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

 

ELEMEN: BERFIKIR KOMPUTASI

Capaian Pembelajaran

Alur Tujuan Pembelajaran

Konten Materi

Profil Pelajar Pancasila

Kata Kunci

Jumlah Jam

Peserta didik mampu menerapkan strategi algoritmik standar untuk menghasilkan beberapa solusi persoalan dengan data diskrit bervolume tidak kecil pada kehidupan sehari-hari maupun implementasinya dalam program komputer.

X.BK.1

Memahami penerapan tentang 4 fondasi Computational thinking

Fondasi Computational Thinking,

1. Bernalar kritis

2. Kreatif

3. Mandiri

 

Core PLB : Mengembangkan dan menggunakan abstraksi untuk memodelkan masalah

Computational Thinking, Pencarian (Search), Pengurutan (Sort), Tumpukan (Stack),

Antrian

(Queue)

6 JP

X.BK.2

Menjelaskan algoritma proses pencariansederhana untuk dapat diterapkan dalam strategi algoritmik untuk menemukan cara yang paling efisien dalam proses pencarian

Algoritma Pencarian(Searching)

X.BK.3

Menjelaskan beberapa algoritma proses pengurutan untuk dapat dimanfaatkan dalam pengurutan dalam persoalan sehari-hari

Algoritma Pengurutan (Sorting)

X.BK.4

Menjelaskan konsep struktur data tumpukanuntuk dimanfaatkan dalam persoalan sehari-hari

Struktur Data Tumpukan (Stack)

X.BK.5

Menjelaskan konsep struktur data antrian untuk

dimanfaatkan dalam persoalan sehari-hari

Struktur DataAntrian (Queue)

GLOSARIUM :

Computational Thinking,           :      sebuah metoda pemecahan masalah dengan mengaplikasikan/melibatkan teknik yang digunakan oleh software engineer dalam menulis program dengan cara memformulasikan masalah dalam bentuk masalah komputasi dan menyusun solusi komputasi yang baik (dalam bentuk algoritma) atau menjelaskan mengapa tidak ditemukan solusi yang sesuai. Pilar Computational Thinking, pendekatan pemecahan masalah computational thinking yang terdiri dari : Dekomposisi, Algoritma, pengenalan pola, Abstraksi

Strategi Algoritma,                     :     kumpulan metode atau teknik untuk memecahkan masalah guna mencapai tujuan yang ditentukan, yang dalam hal ini deskripsi metode atau teknik tersebut dinyatakan dalam suatu urutan langkah-langkah penyelesaian

Struktur data queque,                :      list linier yang dikenali berupa elemen pertama(head) dan elemen terakhir(tail), dimana aturan penyisipan dan penghapusan elemennya didefinisikan sebagai penyisipan selalu dilakukan setelah elemen terakhir, penghapusan selalu dilakukan pada elemen pertama dengan kondisi satu elemen dengan elemen lainnya dapat diakses melalui informasi "next".

Struktur data stack,                   :      list linier yang dikenali berupa elemen puncaknya(top), aturan penyisipan dan penghapusan elemennya tertentu (penyisipan selalu dilakukan "diatas"(top) dan penghapusan selalu dilakukan pada "top").

Algoritma Pencarian (Search), :       sebuah algoritma untuk menemukan nilai (data) tertentu didalam sekumpulan data yang bertipe sama (baik bertipe dasar atau bertipe bentukan). Ada banyak strategi pencarian. Pilih yang sesuai dengan kasus yang dibahas

Algoritma Pengurutan (Sort),   :      proses pengurutan data yg sebelumnya disusun secara acak sehingga menjadi tersusun secara teratur menurut suatu aturan tertentu. Ada banyak sekali cara pengurutan, masing-masing akan efisien untuk kasus tertentu

 

 

 

ELEMEN : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)

Capaian Pembelajaran

Alur Tujuan Pembelajaran

Konten Materi

Profil Pelajar Pancasila

Kata Kunci

Jumlah Jam

Peserta didik mampu memanfaatkan berbagai aplikasi secara bersamaan dan optimal untuk berkomunikasi, mencari sumber data yang akan diolah menjadi informasi, baik di dunia nyata maupun di internet, serta mahir menggunakan fitur lanjut aplikasi perkantoran (pengolah kata, angka, dan presentasi) beserta otomasinya untuk mengintegrasikan dan menyajikan konten aplikasi dalam berbagai representasi yang memudahkan analisis dan interpretasi konten tersebut.

X.TIK.1

Mengumpulkan data sederhana yang dituangkan dalam sebuah tabel untuk dapat melaporkan sebuah informasi untuk publik dengan mengambil data di lingkungan sekolah

Integrasi Aplikasi

Perkantoran

1.  Bernalar kritis

2.  Kreatif

3.  Brgotong Royong

aplikasi pengolah kata, aplikasi pengolah angka, aplikasi pengolah presentasi, cloude computing, pencarian (search)

10 JP

X.TIK.2

Mendisain sebuat surat pemberitahuan untuk orang tua siswa menggunakan teknologi mailmerge dengan sumber data yang sudah diolah dan disimpan dalam file data (pada TP no 1)

Fitur Lanjut Aplikasi Perkantoran Penyimpanan data di lingkungan Cloud

X.TIK.3

Mendisain presentasi laporan dari rekap hasilinformasi yang sudah diolah dengan menampilkan ringkasan informasi, gambar/ dokumentasi, rangkuman dalam bentuk diagram, untuk di presentasikan pada pihak terkait sekolah

X.TIK.4

Membuat folder kerja untuk dapat menyimpan filekerja secara rapi pada cloude dan dapat membagikan / share folder sesuai dengan hak akses pada pihak-pihak yang membutuhkan

X.TIK.5

Menggunakan mesin pencari untuk melakukanpencarian di internet secara efektif

Pencarian Informasi

di Internet

GLOSARIUM :

File data,                                    :      kumpulan berbagai data dan informasi yang tersimpan dan tersusun di dalam komputer secara sistematik yang dapat diperiksa, diolah atau dimanipulasi dengan menggunakan program komputer untuk mendapatkan informasi dari basis data tersebut

Mailmerge,                                :      alat yang memungkinkan membuat beberapa surat, label, amplop, nametags, dan lainnya menggunakan informasi yang disimpan dalam daftar, database, atau spreadsheet Presentasi, proses penyampaian ide, produk baru atau hasil pekerjaan yang ditampilkan dan dijelaskan kepada audiens

Cloud Computing,                   :      proses pengolahan daya komputasi (baik CPU, RAM, Network Speeds, Software, OS maupun Storage) melalui jaringan (biasanya lewat internet), transfer data yang terjadi bukan secara fisik dan sumber daya komputasi yang dimiliki berada di lokasi pengguna yang memakai layanannya

ELEMEN: SISTEM KOMPUTER (SK)

Capaian Pembelajaran

Alur Tujuan Pembelajaran

Konten Materi

Profil Pelajar Pancasila

Kata Kunci

Jumlah Jam

Peserta didik mampu memahami peran sistem operasi dan mekanisme internal yang terjadi pada interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak, dan pengguna.

X.SK.1

Mengidentifikasi komponen penyusun komputer yang digunakan

Komputer & Komponen Penyusunnya (input, proses, output)

1.  Mandiri

2.  Kreatif

Komponen

penyususn komputer, interaksi antar perangkat, instalasi, sistem operasi, cara kerja sistem operasi

6 JP

X.SK.2

Membedakan fungsi komponen-komponen penyusunkomputer menggunakan bahasa sendiri

X.SK.3

Memahami interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak, dan pengguna.

HCI (Human Computer Interface), driver, versi perangkat lunak

X.SK.4

Memahami peran driver untuk menghubungankomputer dengan piranti lain seperti printer, eksternal storage

X.SK.5

Memahami pentingnya melakukan update perangkatlunak aplikasi

X.SK.6

Menjelaskan fungsi dan cara kerja sistem operasi menggunakan bahasa sendiri

Sistem Operasi

X.SK.7

Mempraktikkan instalasi sistem operasi dan aplikasipada sebuah perangkat teknologi

Instalasi perangkat

GLOSARIUM :

Siklus data, proses pengolahan data terdiri dari 3 tahapan dasar, yang disebut dengan siklus pengolahan data (data processing cycle), yaitu input, processing dan output.

Instalasi, proses pemasangan aplikasi agar dapat perangkat dapat berkomunikasi atau berinteraksi

driver, perangkat lunak yang menjadi perantara untuk menghubungkan peranti masukan/keluaran dengan sistem operasi, agar perangkat keras dapat berfungsi pada komputer yang digunakan


 

ELEMEN: JARINGAN KOMPUTER DAN INTERNET (JIK)

Capaian Pembelajaran

Alur Tujuan Pembelajaran

Konten Materi

Profil Pelajar Pancasila

Kata Kunci

Jumlah Jam

Peserta didik mampu menerapkan konektivitas jaringan lokal, komunikasi data via ponsel, konektivitas internet melalui jaringan kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi, internet), enkripsi untuk memproteksi data pada saat melakukan penyambungan perangkat ke jaringan lokal maupun internet yang tersedia.

X.JIK.1

Menjelaskan perbedaan jaringan lokal dan internet

Jaringan Komputer, jaringan lokal, internet, jenis konektivitas jaringan

Bernalar kritis , sebelum membuat koneksi jaringan internet, maka harus

Jaringan lokal, internet, jaringan kabel, nir kabel, konfigurai jaringan,

6 JP

X.JIK.2

Membandingkan tujuan utama jenis jaringankomputer berdasarkan pengelompokan masing- masing

X.JIK.3

Menganalisis kelemahan dan kelebihan jenisjaringan yang digunakan dalam sebuah sekolah

 

ditentukan dulu

kebutuhannya apa, jenis jaringan apa yang tepat untuk digunakan untuk membuat koneksi, dan perkembangan apa yang sekarang sedang digunakan/ digalakkan

komunikasi jaringan,

proteksi data, enkripsi data, komunikasi data

 

X.JIK.4

Menjelaskan jenis-jenis konektivitas internet melaluijaringan kabel dan nirkabel.

X.JIK.5

Merancang konfigurasi jenis jaringan komputer sederhana yang akan digunakan pada sebuah ruanganberdasarkan perangkat dan layout ruangan yangdisediakan

X.JIK.6

Menguraikan sistem komunikasi dalam jaringan

Komunikasi Data, Proteksi Data, Enkripsi  Data

X.JIK.7

Membangun setting Jaringan dan internet

X.JIK.8

Menjelaskan pentingnya proteksi data pribadi saat terhubung ke jaringan internet

X.JIK.9

Menjelaskan konsep enkripsi dan implementasinya untuk memproteksi data

GLOSARIUM :

Sistem komunikasi data, cara untuk dapat mengirimkan data dengan menggunakan sistem transmisi elektronik antar perangkat teknologi atau dapat dikatakan dari suatu komputer ke terminal lainnya Jaringan Internet, sistem jaringan komputer yang saling terhubung secara global dengan menggunakan paket protokol internet (TCP/IP) untuk menghubungkan perangkat di seluruh dunia. Ini adalah jaringan dari jaringan yang terdiri dari jaringan privat, publik, akademik, bisnis, dan pemerintah lokal ke lingkup global, dihubungkan oleh beragam teknologi elektronik, nirkabel, dan jaringan optik

Proteksi Data, berbagai langkah keamanan yang digunakan untuk melindungi data berharga.

Enkripsi Data, proses konversi teks biasa yang terbaca manusia (human-readable plaintext) menjadi teks yang tidak bisa dibaca dan dimengerti (incomprehensible text)

Komunikasi Data, proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih alat (bahasa Inggris: device) (seperti komputer / laptop / telepon genggam / printer / dan alat komunikasi lain) yang terhubung dalam sebuah jaringan

 

 

ELEMEN: ANALISIS DATA (AD)

Capaian Pembelajaran

Alur Tujuan Pembelajaran

Konten Materi

Profil Pemuda Pancasila

Kata Kunci

Jumlah Jam

Peserta didik mampu memahami aspek privasi dan keamanan data, mengumpulkan data secara otomatis dari berbagai sumber data, memodelkan data berbagai bidang, menerapkan siklus pengolahan data (pengumpulan, pengolahan, visualisasi, analisis, interpretasi, dan publikasi) dengan menggunakan perkakas TIK yang sesuai, serta menerapkan strategi pengelolaan data yang tepat guna dengan mempertimbangkan volume dan kompleksitasnya

X.AD.1

Menjelaskan jenis-jenis tipe data

Tipe data (numerik, teks, date)

Perangkat Pengumpulan

dan Pengolahan Data

Mandiri dan Kreatif

, harus dapat menerapkan memahami konsep

Aspek privasi, publikasi data, pengumpulan data, koleksi data,

8 JP

X.AD.2

memahami aspek privasi dan keamanan data,mengumpulkan data secara otomatis dari berbagai sumber data

X.AD.3

Menjelaskan teknis pengumpulan data secara manual dan menggunakan perangkat

 

tentang data, sumber

data dan informasi dengan mengeksplore beberapa kasus yang ada/ diberikan

 

Bergotong royong, mengerjkan tugas analisis data dengan bekerjasama dengan anggota kelompok yang lain

pemodelan dan

simulasi, teknik visualisasi, transformasi, generalisasi, abstraksi, privas dan keamana data

 

X.AD.4

Membuat sebuah rangkuman data sesuai spesifikasi dan tujuan yang ditentukan, berdasarkan sumber data yang ditentukan

Pengolahan Data

X.AD.5

Mengintegrasikan fungsi pembatasan input data

X.AD.6

Mengintegrasikan fungsi Sort pada data yang sudahdiinputkan/ dikoleksi

X.AD.7

Mengintegrasikan fungsi Search pada data yang sudah diinputkan/ dikoleksi

X.AD.8

Membuat rangkuman data yang dapat lebih mudahdipahami oleh pengguna

X.AD.9

Mengintegrasikan fitur pengolah angka untukmendukung visualisasi data dengan pembuatan diagram

Visualisasi data

Diagram batang Diagram Pie Grafik

X.AD.10

Menunjukkan kelebihan dan kekurangan model/ jenis diagram yang sesuai dengan informasi yang akan disajikan

X.AD.11

Merancang dan mempublikasi pengolahan datasesuai privasinya

Publikasi Data

GLOSARIUM :

Data, sekumpulan informasi atau juga keterangan – keterangan dari suatu hal yang diperoleh dengan melalui pengamatan atau juga pencarian ke sumber – sumber tertentu

Sumber Data, subyek dari mana data dapat diperoleh

Informasi, sebuah sekumpulan data atau fakta yang sudah diproses dan juga dikelola dengan sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah hal yang mudah dipahami dan juga bermanfaat bagi penerimanya

 

 

ELEMEN: ALGORITMA PEMROGRAMAN (AP)

Capaian Pembelajaran

Alur Tujuan Pembelajaran

Konten Materi

Profil Pemuda Pancasila

Kata Kunci

Jumlah Jam

Peserta didik mampu menerapkan praktik baik konsep pemrograman prosedural dalam salah satu bahasa pemrograman prosedural dan mampu mengembangkan program yang terstruktur dalam notasi algoritma atau notasi lain, berdasarkan strategi algoritmik yang tepat.

X.AP.1

Membaca dan memahami algoritma dalam notasi algoritmik yang diajarkan di kelas

Flowchart dan notasi algoritmik

1.   Mandiri,

2.   Bernalar kritis,

3.   Kreatif

4.   Bergotong royong

Koding (coding), Pemrograman (programming), procedural programming, bahasa pemrograman Pascal, praktik baik pemrograman, problem solving, program reading, program comprehension, program writing

27 JP

X.AP.2

Menulis algoritma dengan notasi algoritmik yangdiajarkan di kelas

X.AP.3

Menjelaskan proses pemrograman di sebuah lingkungan perkakas bahasa pemrograman prosedural tekstual

Pengenalan IDE dan Koding di lingkungan IDE, Code Convention

X.AP.4

Menulis program prosedural tekstual  denganstruktur yang benar dan sesuai best practices

X.AP.5

Menjelaskan input dan output dalam strukturprogram prosedural tekstual

Input,  output  pogram

pascal

Tipe data dasar, Operator aritmatika :

{+,-,*,div,/,^}

X.AP.6

Membuat program yang dapat membaca input dan menampilkan output

X.AP.7

Menjelaskan arti Type, variabel, const  dan ekspresidalam program

Type, variabel, const

dan ekspresi dalam program

X.AP.8

Mengidentifikasi penulisan variabel yang benar dalam suatu bahasa pemrograman

X.AP.9

Membuat program yang mempergunakan variabel dan ekspresi

X.AP.10

Merancang dan membuat program prosedural tekstual yang memuat struktur kontrol kondisional

Struktur kontrol keputusan (kondisional)

X.AP.11

Merancang dan membuat program proseduraltekstual  yang memuat struktur kontrol perulangan

Struktur kontrol

perulangan

X.AP.12

Mengimplementasi penggunaan array dalampenyelesaian persoalan pemrograman

Array

X.AP.13

Mengimplementasi penggunaan fungsi dan prosedurdalam penyelesaian persoalan pemrograman

Function dan

prosedure

X.AP.14

Menghasilkan solusi  Permasalahan danmenghasilkan solusi dalam bentuk program prosedural tekstual

Mini project tentang

temperatur air

 

 

 

GLOSARIUM :

Coding, adalah salah satu tindakan dari langkah-langkah pemrograman dengan menuliskan kode atau skrip dalam bahasa pemrograman

Programing, adalah sebuah proses untuk membuat program di komputer. Program yang dibuat bisa berupa software, website, aplikasi android, dsb.

Notasi Algoritma, adalah suatu notasi yang di gunakan untuk menuliskan langkah-langkah dalam pembuatan suatu program menggunakan bahasa pemrograman

 

 

ELEMEN : DAMPAK SOSIAL INFORMATIKA (DSI)

Capaian Pembelajaran

Alur Tujuan Pembelajaran

Konten Materi

Profil Pemuda Pancasila

Kata Kunci

Jumlah Jam

Peserta didik mampu memahami sejarah perkembangan komputer dan tokoh-tokohnya, memahami hak kekayaan intelektual, lisensi, aspek teknis, hukum, ekonomi, lingkungan, dan sosial dari produk TIK, memahami berbagai bidang studi dan profesi bidang Informatika serta peran Informatika pada bidang lain.

X.DSI.1

Menjelaskan sejarah perkembangan komputer dan tokoh-tokohnya dan belajar dari peristiwa sejarah serta tokoh tersebut.

Sejarah Perkembangan Komputer dan Tokoh- tokohnya

1. Kreatif

2. Bernalar Kritis

3. Bergotong royong

Sejarah perkembangan komputer, dampak sosial, bidang informatika, Hak kekayaan intelektual, lisensi, produk TIK, bidang informatika

6 JP

X.DSI.2

Menemukan dampak sosial dari penggunaankomputer dan teknologi informasi dari berbagai bidang

Dampak Sosial

penggunaaan perangkat teknologi

X.DSI.3

Mengetahui peran Informatika dalam berbagai bidangpekerjaan, dan profesi di bidang informatika.

X.DSI.4

Menghargai hak kekayaan intelektual dan lisensidalam menggunakan produk TIK

Hak Kekayaan Intelektal

dan UU ITE

X.DSI.5

Memahami sanksi tentang penggunaan teknologi informasi dan komunikasi

X.DSI.6

Merancang rencana studi lanjut dan karirnya, baik di bidang informatika, bidang yang terkait dengan informatika, atau bidang yang menggunakan informatika

Informatika dalam berbagai bidang

X.DSI.7

Membuat short movie tentang penggunaan perangkat teknologi menganalisis dampak sosial yang dimungkinkan akan timbul

GLOSARIUM :

Dampak Sosial Informatika, akibat yang terjadi dalam penggunaan perangkat teknologi baik secra positif maupun negatif

Hak Kekayaan Intelektual, yakni hak yang timbul untuk hasil pikir otak yang menghasilkan suatu produk atau proses yang berguna untuk manusia. Pada intinya HKI adalah hak untuk menikmati secara ekonomis hasil dari suatu kreativitas intelektual

 

 

ELEMEN : PRAKTIK LINTAS BISANG (PLB)

Capaian Pembelajaran

Alur Tujuan Pembelajaran

Konten Materi

Profil Pemuda Pancasila

Kata Kunci

Jumlah Jam

Peserta didik mampu bergotong royong dalam tim inklusif untuk mengerjakan projek bertema Informatika dengan mengidentifikasi persoalan, merancang, mengimplementasi, menguji, dan menyempurnakan program komputer didasari strategi algoritma yang sesuai sebagai solusi persoalan masyarakat serta mengomunikasikan produk, proses pengembangan dan manfaatnya bagi masyarakat secara lisan maupun tertulis.

X.PLB.1

Studi kasus, misalnya mencari data tentang minat wisatawan untuk dapat mendatangi pada suatu tempat wisata, baik wisatawan dari dalam negeri maupun wisatawan macanegara

Perangkat Pengumpulan dan Pengolahan Data

Berfikir Kritis, bagaimana menentukan item / informasi yang harus dicari/ digali Mandiri , mampu menyelesaiakn proyek tanpa ketergantungan dengan guru/ kelompok lain

Bergotong royong, tugas dikerjakan dengan berkelompok, sehingga dibutuhkan kerjasama

Data,algoritma

4 JP

X.PLB.2

Mencari  data  dampak  yang  yang  terjadi  denganusaha warga sekitar daerah wisata apabila promosi wisata di lakukan secara online melalui media sosial/ web

X.PLB.3

Mendisain  sebuah  algoritma  tentang  data  yangsudah   diperoleh   untuk   menjadi   sebuah   alur pemrograman

Algoritma dan

Notasi Algoritma

X.PLB.4

Membuat laporan cetak sesuai dengan formatlaporan yang sesuai, dan mendokumentasikan dalam bentuk video yang diupload pada chanel sekolah.

-  Integrasi AplikasiPerkantoran

-  Fitur Lanjut Aplikasi Perkantoran

GLOSARIUM : -

RELASI ANTAR MATA PELAJARAN :

1. Bahasa Indonesia, format laporan (Integrasi TIK, DSI, AD, AP,CT )

2. Bahasa Innggris, membuat percakapan dengan bahasa inggris dengan wisatawan mancanegara (TK)

3. Ekonomi, menghitung prosentase perbandingan pengunjung di waktu weekend dan dihari biasa (integrasi TIK)

 


 


PEMBAGIAN JAM PELAJARAN DALAM SEMESTER

DAN RANGKUMAN AKTIVITAS KEGITAN PEMBELAJARAN

 

SEMESTER 1

Elemen/ Domain

Jml JP

Aktivitas dan Penjabaran

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)

10

Terdiri dari 5 Aktivitas sebagai berikut :

1.   Aktivitas  1,  dengan  kegitan  inti  :  assesmen  diagnostik,  tindak  lanjut, penyamaan materi dasar sesuai pengelompokan pada tindak lanjut asesmen diagnostik , penyampaian materi TP (1), asesmen formatif, tindak lanjut.

2.   Aktivitas 2, dengan kegiatan inti : penyampain materi pada TP (2)asesmen formatif, tindak lanjut

3.   Aktivitas 3, penyampain materi pada TP (3), asesmen formatif, tindak lanjut

4.   Aktivitas 4, penyampain materi pada TP (4) dan (5), asesmen formatif, tindak lanjut

5.   Aktivitas 5, penyampain materi pada TP (5), asesmen formatif, tindak lanjut

SISTEM KOMPUTER (SK)

6

Terdiri dari 3 Aktivitas sebagai berikut :

1.   Aktivitas 1, dengan kegitan inti : assesmen diagnostik, tindak lanjut, penyamaan materi dasar sesuai pengelompokan pada tindak lanjut asesmen diagnostik, penyampaian materi TP (1) dan (2), asesmen formatif, tindak lanjut.

2.   Aktivitas 2, dengan kegiatan inti : penyampain materi pada TP (3), (4)dan (5) asesmen formatif, tindak lanjut

3.   Aktivitas 3, penyampain materi pada TP (6), (7) dan (8) asesmen formatif, tindak lanjut

JARINGAN DAN INTERNET (JIK)

8

Terdiri dari 4 Aktivitas sebagai berikut :

1.  Aktivitas 1, dengan kegitan inti : assesmen diagnostik, tindak lanjut, penyamaan materi dasar sesuai pengelompokan pada tindak lanjut asesmen diagnostik, penyampaian materi TP (1), (2) dan (3) asesmen formatif, tindak lanjut.

2.   Aktivitas 2, dengan kegiatan inti : penyampain materi pada TP (4) dan(5), asesmen formatif, tindak lanjut

3.  Aktivitas 3, penyampain materi pada TP (6) dan (7), asesmen formatif, tindak lanjut

4.  Aktivitas 3, penyampain materi pada TP  (8) dan (9), asesmen formatif, tindak lanjut

ANALISIS DATA (AD)

8

Terdiri dari 4 Aktivitas sebagai berikut :

1.   Aktivitas 1, dengan kegitan inti : assesmen diagnostik, tindak lanjut, penyamaan materi dasar sesuai pengelompokan pada tindak lanjut asesmen diagnostik , penyampaian materi TP (1), (2) dan (3) asesmen formatif, tindak lanjut.

2.   Aktivitas 2, dengan kegiatan inti : penyampain materi pada TP (4) dan(5) asesmen formatif, tindak lanjut

3.   Aktivitas 3, penyampain materi pada TP (6) dan (7), asesmen formatif, tindak lanjut

4.   Aktivitas 4, penyampain materi pada TP (8), (9) dan (10), asesmen formatif, tindak lanjut

DAMPAK SOSIAL INFORMATIKA (DSI)

6

Terdiri dari 3 Aktivitas sebagai berikut :

1.   Aktivitas 1, dengan kegitan inti : assesmen diagnostik, tindak lanjut, penyamaan materi dasar sesuai pengelompokan pada tindak lanjut asesmen diagnostik, penyampaian materi TP (1) , (2) dan (3) asesmen formatif, tindak lanjut.

2.   Aktivitas 2, dengan kegiatan inti : penyampain materi pada TP (4) dan (5) asesmen formatif, tindak lanjut

3.   Aktivitas 2, dengan kegiatan inti : penyampain materi pada TP (6) dan(7) asesmen formatif, tindak lanjut

Jumlah Jam Pelajaran Per-Semester (Intarkurikuler)

36

 

Projek Penguatan Profil

Pelajar Pancasila (P3)

18

 

SEMESTER 2

Elemen/ Domain

Jml JP

Aktivitas dan Penjabaran

BERFIKIR KOMPUTASI

6

Terdiri dari 3 Aktivitas sebagai berikut :

1.   Aktivitas 1, dengan kegitan inti : assesmen diagnostik, tindak lanjut, penyamaan materi dasar sesuai pengelompokan pada tindak lanjut asesmen diagnostik

2.   Aktivitas 2, dengan kegiatan inti : penyampain materi pada TP (1) dan(2), asesmen formatif, tindak lanjut

3.   Aktivitas 3, penyampain materi pada TP (3) dan (4), asesmen formatif, tindak lanjut

ALGORITMA PEMROGRAMAN (AP)

24

Terdiri dari 8 Aktivitas sebagai berikut :

1.   Aktivitas 1, dengan kegitan inti : assesmen diagnostik, tindak lanjut, penyamaan materi dasar sesuai pengelompokan pada tindak lanjut asesmen diagnostik, penyampaian materi TP (1) dan (2) asesmen formatif, tindak lanjut.

2.   Aktivitas 2, dengan kegiatan inti : penyampain materi pada TP (3) dan(4) asesmen formatif, tindak lanjut

3.   Aktivitas 3, penyampain materi pada TP (5), (6) dan (7), asesmen formatif, tindak lanjut

4.   Aktivitas 4, penyampain materi pada TP (10), asesmen formatif, tindak lanjut

5.   Aktivitas 5, penyampain materi pada TP (11), asesmen formatif, tindak lanjut

6.   Aktivitas 6, penyampain materi pada TP (12), asesmen formatif, tindak lanjut

7.   Aktivitas 7, penyampain materi pada TP (13), asesmen formatif, tindak lanjut

8.   Aktivitas 8, penyampain materi pada TP (14), asesmen formatif, tindak lanjut

PRAKTIK LINTAS BIDANG (PLB)

4

Terdiri dari 2 Aktivitas sebagai berikut :

1.   Aktivitas 1, dengan kegitan inti : pembagian kelompok, penjelasan umum project, disain rencana dan penjadwalan project..

2.   Aktivitas 2, dengan kegiatan inti : Presentasi hasil project , asesmen formatif, tindak lanjut

Jumlah Jam Pelajaran Per-Semester (Intarkurikuler)

36

 

Projek Penguatan Profil

Pelajar Pancasila (P3)

18

 

 

Posting Komentar untuk "ATP Fase E - Informatika"