Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Informatika Bab 1 - Modul Informatika dan Kemampuan Umum SMA.SMK KELAS 10 | Pesan Perangkat Kurikulum Merdeka Mapel Informatika kelas 10

MODUL AJAR

INFORMATIKA DAN KEMAMPUAN UMUM

 

INFORMASI UMUM

 

I.     IDENTITAS MODUL

Nama Penyusun              :    .....................................................................................    

Satuan Pendidikan          :    SMA/MA

Fase / Kelas                     :    E - X (Sepuluh)

Mata Pelajaran                 :    Informatika

Alokasi Waktu                  :   

Tahun Penyusunan         :    2022

 

II.    KOMPETENSI AWAL

Informatika & Keterampilan Generik

 

III.   PROFIL PELAJAR PANCASILA

·       Bernalar Kritis        :    Melalui media belajar pada Google Side siswa dapat membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi, dan menyimpulkannya.

·       Gotong Royong     :    Melalui Google Slide siswa dapat bekerjasama secara kolabortif untuk mencapai tujuan pembelajaran.

·       Kreatif                    :    Melalui Google Jam board siswa dapat menghasilkan karya pembelajaran dan gagasan yang orisinal.

 

IV.   SARANA DAN PRASARANA

·      Ruang Labkom

·      Komputer/laptop/HP

·      Proyektor

·      Papan White Board

·      Jaringan Internet

·      Slide Presentasi, Buku Guru dan Siswa Kurikulum Merdeka Kelas X Informatika, Modul Terkait & Referensi laman Internet.

 

V.    TARGET PESERTA DIDIK

Modul ajar ini sebagai panduan untuk mengajar pada peserta didik kelas X dengan harapan membantu kesulitan belajar untuk mencapai kompetensi yang ditentukan (CP).

 

VI.   MODEL PEMBELAJARAN

Blended learning melalui model pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Social Emotional Learning (SEL).

 

KOMPONEN INTI

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Membuat perencanaan kerja kelompok dengan baik

2. Mengomunikasikan hasil kerja dengan presentasi dan visualisasi dengan baik

II.    PEMAHAMAN BERMAKNA

Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut. Komputasi adalah ilmu yang berkaitan dengan pemodelan matematika dan penggunaan komputer untuk memecahkan masalah-masalah sains. Istilah informatika sepadan dengan istilah dalam bahasa Inggris Informatics, Computing, atau Computer Science. Informatika mencakup pemodelan dari “komputasi” dan aplikasinya dalam pengembangan sistem komputer. Apa itu komputasi? Menurut KBBI, komputasi adalah: (1) penghitungan dengan menggunakan komputer; (2) dalam matematika, penghitungan dengan menggunakan bilangan-bilangan atau perubah-perubah yang dilaksanakan berdasarkan urutan langkah yang diberikan. Landasan berpikir untuk belajar informatika dinamakan berpikir komputasional (Computational Thinking). Berpikir komputasional ini merupakan suatu kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan menalar (reasoning) mengenai sistem dan persoalan. Moda berpikir (thinking mode) ini didukung dan dilengkapi dengan pengetahuan teoritis dan praktis, serta Teknik untuk menganalisis, memodelkan dan memecahkan persoalan. Siswa yang belajar informatika akan mendalami bagaimana suatu “sistem komputasional” berfungsi, baik yang mengandung komputer maupun tidak.

 

III.   PERTANYAAN PEMANTIK

·      Kapan terakhir kali kalian bekerja dalam kelompok dan presentasi?

·      Apakah kalian melakukan kesepakatan sebelum mulai mengerjakan tugas?

·      Apakah lebih menyenangkan dibandingkan jika kerja sendiri?

·      Apakah presentasi kalian menarik?

 

IV.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN KE-1

Materi: Perencanaan Kerja Kelompok

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

·       Doa; absensi; menyampaikan tujuan pembelajaran; dan menyampaikan penilaian hasil pembelajaran

 

Kegiatan Inti (90 Menit)

Guru memfasilitasi Aktivitas GS-K10-02-U (Perencanaan Kegiatan). Guru harus membahas strategi pembagian peran dan penggiliran peran, agar anak dapat bekerja secara tim. Kemampuan ini akan dites pada PISA test. Guru harus menjelaskan pembagian yang efisien. Gurujuga menjelaskan bahwa dalam beberapa tugas, akan ada yang ditentukan kelompoknya oleh guru. Tidak semua tugas bebas kelompoknya.

 

Pembagian tugas harus merata untuk setiap anggota kelompok yang bisa diukur dengan beban waktu pengerjaan yang hampir sama (jika tidak bisa sama). Pada aktivitas ini, alat dan bahan diasumsikan tersedia dan tidak membutuhkan biaya untuk membelinya. Siswa diharapkan mengisi formulir/ instrumen yang tersedia di Buku Siswa.

 

Kegiatan Penutup (15 MENIT)

·       Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

·       Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

·       Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.

·       Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.

PERTEMUAN KE-2

Materi: Perencanaan Kerja Kelompok

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

·       Doa; absensi; menyampaikan tujuan pembelajaran; dan menyampaikan penilaian hasil pembelajaran

 

Kegiatan Inti (90 Menit)

Guru memfasilitasi Aktivitas GS-K10-02-U (Perencanaan Kegiatan). Guru harus membahas strategi pembagian peran dan penggiliran peran, agar anak dapat bekerja secara tim. Kemampuan ini akan dites pada PISA test. Guru harus menjelaskan pembagian yang efisien. Gurujuga menjelaskan bahwa dalam beberapa tugas, akan ada yang ditentukan kelompoknya oleh guru. Tidak semua tugas bebas kelompoknya.

Pembagian tugas harus merata untuk setiap anggota kelompok yang bisa diukur dengan beban waktu pengerjaan yang hampir sama (jika tidak bisa sama). Pada aktivitas ini, alat dan bahan diasumsikan tersedia dan tidak membutuhkan biaya untuk membelinya. Siswa diharapkan mengisi formulir/instrumen yang tersedia di Buku Siswa.

 

Kegiatan Penutup (15 MENIT)

·       Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

·       Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

·       Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.

·       Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.

 

PERTEMUAN KE-3

Materi: Pengkomunikasian Hasil Kerja

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

·       Doa; absensi; menyampaikan tujuan pembelajaran; dan menyampaikan penilaian hasil pembelajaran

 

Kegiatan Inti (90 Menit)

Guru menjelaskan mengenai praktik baik pembuatan produk visual seperti infografis, poster, dll. Guru juga dapat menunjukkan contoh-contoh yang bagus sesuai dengan praktik baik yang ada diBuku Siswa. Aktivitas pada elemen pengetahuan lain akan banyak menginstruksikan siswa untuk membuat poster atau infografissehingga bekal yang diberikan pada materi ini dapat dipraktikkan pada aktivitas berikutnya.

Pada materi Presentasi, diharapkan guru memberi contoh/mendemonstrasikan cara presentasi yang baik sesuai dengan praktik baik yang disajikan pada Buku Siswa. Cara presentasi yang baik sangat berguna bagi siswa untuk aktivitas berikutnya pada elemen pengetahuan Informatika, dan juga sangat bermanfaat saat masuk ke dunia kerja pada masa yang akan datang.

 

Kegiatan Penutup (15 MENIT)

·       Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

·       Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

·       Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.

·       Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.

 

V.    ASESMEN

ASESMEN DIAGNOSTIK

·       Pemetaan / study kelas;

·       Pretest Peserta didik terkait pemahaman informatika sebelumnya;

ASESMEN FORMATIF

·       Presentasi Peserta Didik;

·       Praktikum Peserta Didik.

ASESMEN SUMATIF

·       Pra Test / Uji Kompetensi Peserta Didik;

·       Penilaian Akhir / Ujian Tertulis / Praktikum.

 

VI.   PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Remidial         :      Siswa dengan nilai atau performa di bawah rata-rata kelas, maka akan mendapat tugas untuk melakukan belajar terbimbing dengan meminta bantuan kepada siswa dengan nilai di atas rata-rata kelas untuk membimbing tentang apa itu konsep logika dan berikan contoh logika dalam kehidupan sehari-hari kemudian setelah dikerjakan dikirimkan hasil tugas remidinya melalui email guru yang telah diberikan sebelumnya.

 

Pengayaan     :      Siswa dengan nilai di atas rata-rata kelas diminta untuk membuat 5 contoh Tentang penerapan Informatika dan Ketrampilan Generik dalam kehidupan sehari-hari yang tidak boleh sama dengan temannya kemudian setelah dikerjakan dikirimkan hasil tugas remidinya melalui email guru yang telah diberikan sebelumnya

 

VII.  REFLEKSI GURU DAN PESERTA DIDIK

Refleksi Guru

·   Apakah tujuan pembelajaran tercapai?

·   Apakah nampak siswa belajar secara aktif?

·   Apakah seluruh siswa mengikuti pelajaran dengan baik?

·   Apakah pembelajaran yang saya lakukan sudah sesuai dengan apayang saya rencanakan?

·   Hal-hal apa yang sudah berjalan dengan baik?

·   Kegiatan pembelajaran akan lebih baik, jika ....

Refleksi Peserta Didik

·   Bagaimana perbedaan sebelum belajar Informatika dan setelah belajar Informatika?

·   Bagian mana yang menurut kalian sulit dimengerti?

·   Apa yang kalian lakukan untuk memperbaiki hasil belajar?

·   Kepada siapa kalian meminta bantuan untuk memahami pelajaran ini?

·   Jika kamu diberikan pilihan bintang 1 sampai 5, berapa bintang yangakan kamu berikan pada usaha yang telah kamu lakukan?

 

LAMPIRAN- LAMPIRAN

 

Lampiran 1

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

 

Untuk setiap tugas, tentukan tujuan tugas, pembagian peran, langkah penyelesaian, dan tugas setiap anggota kelompok serta perkiraan waktu kerjanya [ dengan mengisi instrument terlampir]

Proyek                       : .................................................

Anggota Kelompok : .................................................

Semester                   : .................................................

Proyek                       : .................................................

Anggota Kelompok : .................................................

Semester                   : .................................................

 

Aspek

Uraian

Deskripsi Umum Proyek

Tuliskan dengan ringkas judul dan tentang proyek yang kalian kerjakan.

Tujuan Tugas

Tuliskan dengan ringkas.

Hasil Tugas

Jelaskan hasil (deliverable) tugas dengan spesifikasi yang jelas dan terukur

Waktu dan Tempat Penyelesaian

Berapa lama mengerjakan dan di mana (di rumah, sekolah).

Pembagian Peran

Tuliskan peran untuk setiap anggota kelompok, perannya apa.

Tahapan/Langkah Penyelesaian

Langkah umum dan runtut penyelesaiannya

Kesimpulan Capaian

Tercapai semuanya/sebagian/ sebagian kecil saja/tidak tercapai.

Apa yang dinikmati dan disenangi dalam mengerjakan proyek ini?

Tuliskan secara ringkas perasaan kalian dan alasannya.

Kesulitan dalam mengerjakan proyek ini

Tuliskan secara ringkas kesulitan kalian dan mengapa kesulitan itu muncul. Andaikata diberi kesempatan ulang, dapatkah mengatasinya?

 

Lampiran 2

BAHAN BACAAN GURU DAN PESERTA DIDIK

 

Informatika – Pengertian,

Ruang Lingkup & Implementasinya

 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau disingkat KBBI (2016) Informatika adalah ilmu tentang pengumpulan, klasifikasi, penyimpanan, pengeluaran, dan penyebaran pengetahuan yang direkam. Selanjutnya, masih dalam KBBI, disisipkan pula bahwa istilah informatika dapat merujuk pula pada hal-hal yang berkaitan dengan informasi; usaha dalam bidang informasi.

Sementara itu, menurut Tim Kemdikbud (2021, hlm. 3) Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi perancangan, dan pengembangan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan dan pengembangan tersebut.

Dapat disimpulkan bahwa informatika adalah ilmu mengenai studi perancangan, pengumpulan, klasifikasi, penyimpanan, pengeluaran, serta pengembangan sistem komputasi dan prinsip-prinsip yang menjadi perancangan dan pengembangan sistem yang mengolah data, informasi, atau pengetahuan yang direkam hingga teknis penyebarannya.

 

Hardware & Software

Salah satu pemilahan pertama yang paling biasa dilakukan dalam bidang Informatika adalah melihat dari wujud yang dipelajari atau ditekuninya terlebih dahulu. Yakni menyangkut apakah kita akan membicarakan media fisiknya itu sendiri (komputer, pheriperal, kabel jaringan, dsb), atau berupa perangkat non fisiknya (program, aplikasi, website, dsb). Pemilahan ini biasa disebut dengan hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak).

Perangkat keras komputer atau hardware adalah berbagai komponen dari komputer yang bisa dilihat dan diraba secara langsung serta berfungsu untuk mendukung proses komputerisasi (Ambarita, 2016, hlm. 2). Contohnya meliputi: monitor, keyboard, processor, RAM, router, dsb.

Sementara itu, masih diperkuat oleh pendapat Ambarita (2016, hlm. 17) Perangkat lunak komputer atau software merupakan perangkat yang tidak dapat dilihat dan diraba langsung namun dapat dilihat dan digunakan atau dioperasikan melalui bantuan input dan ouputnya seperti keyboard, mouse, dan monitor. Klasifikasi perangkat lunak, terdiri dari :

Perangkat lunak sistem (operasi sistem) yang berfungsi untuk “menjalankan” hardware seperti windows, mac os, android.

Perangkat lunak program aplikasi yang digunakan untuk memanfaatkan teknologi komputasi, seperti aplikasi kantoran ms. office, berbagai app di smartphone, dsb. Selain itu, perangkat lunak program aplikasi juga dapat berwujud aplikasi utility, seperti aplikasi untuk memperkecil ukuran file (zip), membagi partisi storage, dsb.

Ruang Lingkup Studi Informatika

Hingga kini, terdapat beberapa bidang studi yang berkaitan erat dengan informasi serta pengolahannya atau informatika secara umum, meliputi: teknik informatika, teknik komputer, sistem informasi, manajemen informatika, dan ilmu komputer. Hal ini karena informatika menyelubungi banyak cabang yang mempelajari lebih spesifik pada suatu kajiannya saja. Secara umum, cakupan studi informatika dapat meliputi :

Teknik informatika

Mempelajari teknis dan penerapan sistem komputasi dan berbagai prinsip-prinsip yang menjadi perancangan serta pengembangan sistem pengolahannya (praktis namun umum). Teknik informatika juga dapat mempelajari pengembangan sistem informasi, AI, aplikasi konsumen, dsb. Coding (mengembangkan program/aplikasi), logika dasar, diagram alir & proses perancangan sistem, hingga instalasi server untuk keperluan pembangunan berbagai aplikasi akan dipelajari jika kita menekuni studi ini.

Sistem Informasi

Secara spesifik langsung mempelajari berbagai hal mengenai sistem informasi, yang merupakan produk konkret yang paling banyak digunakan di seluruh sektor industri. Contohnya meliputi sistem informasi sumber daya manusia (SDM), sistem informasi akuntansi & jurnal, dsb. Rekayasa perangkat lunak (coding) untuk kebutuhan pengembangan sistem informasi dan teknik perancangannya akan dipelajari dalam bidang studi ini. Selain itu, penggunaan serta pemaksimalan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) tingkat lanjutan untuk menyelesaikan kebutuhan sistem informasi juga biasanya akan dipelajari pada bidang studi ini.

Teknik Komputer

Lebih fokus dalam mempelajari berbagai perangkat keras (hardware/gadget) yang digunakan dalam bidang informatika yang dapat meliputi instalasi jaringan komputer serta berbagai penyokongnya. Teknik komputer juga dapat bersinggungan langsung dengan beragam mesin yang membutuhkan teknologi informasi dalam mengoperasikannya. Biasanya, beberapa hal yang akan dipelajari meliputi instalasi dan setup sistem operasi tingkat lanjut untuk kebutuhan server, membangun jaringan local, setting security utuk memastikan keamanan jaringan, hingga pengetahuan troubleshooting dan kepiawaian teknisi IT lainnya.

Ilmu Komputer

Merupakan bidang keilmuan komputer yang lebih ditujukan dalam mempelajari sistem komputasi sebagai keilmuan dalam penelitian maupun bahan ajar, tidak berfokus pada penerapannya. Bidang ini akan mempelajari berbagai fundamental komputasi, metode penelitian tingkat lanjut, dan pengetahuan mendasar serta menyeluruh lainnya yang bersangkutan dengan komputer.

Manajemen Informatika

Manajemen informatika lebih berfokus pada mempelajari perencanaan, pengaturan, hingga evaluasi (quality control) suatu proyek pengembangan sistem informasi atau berhubungan langsung dengan penggunaan teknologi informasi untuk implementasinya di bidang manajemen. Fokus mempelajari berbagai prinsip dan metode dalam bidang manajemen informatika mulai dari seperti Agile, SCRUM, perancangan minimum system requirement, hingga diagram alir suatu sistem aplikasi, dan implementasi manajemen lainnya dalam bidang informatika.

Implementasi/Aplikasi Informatika

Informasi adalah hal yang sangat berpengaruh di seluruh bidang kehidupan. Hampir seluruh bidang dan industri pula, kini sangat bergantung pada informasi dalam pelaksanaan hingga pengembangannya. Tak heran jika teknologi informasi sangat dibutuhkan di mana-mana. Entah itu dari penanganan, pemakaian, dan instalasi perangkat keras untuk operasional suatu pabrik, hingga sistem informasi SDM (sumber daya manusia) yang dibutuhkan untuk memastikan prerekrutan hingga kebutuhan penanganan staf sehari-hari di suatu perusahaan dapat berjalan dengan lebih efisien dan efektif.

Rasanya sudah tidak usah dipertanyakan lagi mengenai aplikasi informatika dalam kehidupan sehari-hari hingga kehidupan profesional sekali pun. Implementasinya dapat ditanamkan di mana saja, seperti bagaimana digitalisasi basis data di seluruh sektor industri terus-menerus dilakukan untuk memastikan data terekap dengan rapi dan akurat, serta pengolahannya dapat diotomatisasi dengan tingkat kesalahan yang amat sangat minim.

Belum lagi teknologi informasi juga kini semakin berhubungan langsung dengan unsur fisik yang dahulu hanya dapat dilakukan secara offline saja. Kini, IoT atau internet of things menjadi angin baru dalam membawa perubahan dan percepatan di segala bidang pula. Belum lagi kebangkitan metaverse yang seakan menghilakan sekat antara dunia maya dan dunia nyata semakin tiada.

Informatika kini menjadi primadona revolusi industri baru yang dahulu ditengarai oleh bidang manajemen. Tidak menutup kemungkinan pula bahwa di masa depan nanti, informatika menjadi bidang yang harus ditekuni oleh semua orang seperti bagaimana kini manajemen atau setidaknya administrasi harus dikuasai oleh semua orang dalam melakukan usaha atau pekerjaan apa pun.

Malah bisa jadi dalam tingkat ekstrim, di masa depan semua orang harus bisa coding/programming, layaknya semua orang harus mampu membaca dan menulis di masa kini.

Namun demikian, perlu menjadi sorotan pula bahwa informatika tidak melulu mengenai coding atau programming. Bisa jadi kita menggeluti perencanaan dan perancangannya saja (manajemen informatika). Kita juga dapat menjadi seorang pengguna perangkat lunak yang piawai hingga mampu mendapatkan sertifikasi penggunaannya (ahli spreadsheet atau aplikasi rumit seperti SPSS & math lab). Pemaksimalan penggunaan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) adalah salah satu jalur untuk menempuh bidang IT pula.

Lampiran 3

GLOSARIUM

Generic                                :    Istilah untuk piranti atau sesuatu yang tidak berhubungan dengan merek tertentu atau tanpa merek.

Skills                                     :    Kemampuan untuk melakukan sesuatu.

Perencanaan Kerja              :    Berfikir kedepan mengenai jalannya kegiatan yang akan dilakukan   dengan   mempertimbangkan   segala  faktor   yang   terkait   dan   ditunjukkan kepada   sasaran   tertentu   dan   terukur   yang   telah   ditetapkan   sebelumnya

Pengkomunikasian              :    Suatu proses ketika seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain

Hasil Kerja                           :    Suatu produk berupa barang, jasa, dan informasi yang dihasilkan dari suatu proses pelaksanaan tugas dengan menggunakan bahan kerja dan peralatan kerja dalam waktu dan kondisi tertentu, dapat bersifat rnanajerial maupun non rnanajerial

Presentasi                            :    Berbicara atau berkomunikasi dihadapan orang banyak untuk menyampaikan suatu gagasan

Infografis                              :    bentuk visualisasi data yang menyampaikan informasi kompleks kepada pembaca agar dapat dipahami dengan lebih mudah dan cepat.

 

Lampiran 4

DAFTAR PUSTAKA

·      Buku Guru dan Buku Siswa

·      Tim Kemdikbud. (2021). Informatika, kelas X. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

 

 

cek versi lengkap nya disini 👇👇 


Posting Komentar untuk "Informatika Bab 1 - Modul Informatika dan Kemampuan Umum SMA.SMK KELAS 10 | Pesan Perangkat Kurikulum Merdeka Mapel Informatika kelas 10"