Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Tubuh Serangga Kecil

Serangga tidak mempunyai dua paru-paru seperti manusia. Akan tetapi serangga bernapas melalui saluran selang. ketika serangga-serangga tersebut tumbuh dewasa dan bertambah besar tubuhnya. 


selang-selang tersebut tidak berkembabg. dan tidak menyesuikan bentuk fisik serangga. Dengan kenyataan ini maka besar tubuh serangga-serangga yang ada beberapa inchi. Panjang sayap serangga tidak dapat bertambah kecuali beberapa millimeter saja. Batas pertumbuhan fisik ini mengekang nafsu serangga untuk menguasai alam raya. Jika tidak terdapat standar alami ini, maka manusia tidak akan dapat hidup di muka bumi.

Peran serangga

Banyak serangga yang bermanfaat bagi kehidupan manusia, diantaranya sebagai organisme pembusuk dan pengurai termasuk pengurai limbah, sebagai objek estetika dan wisata seperti kupu-kupu, kumbang yang berwarna-warni, bermanfaat pada proses penyerbukan maupun sebagai hama tanaman, pakan hewan (burung) yang bernilai ekonomi tinggi , penghasil madu (dari genus Apis) dll. Disamping peran secara langsung serangga juga memiliki peran yang tidak langsung yaitu menjaga keseimbangan ekologi di alam, karena serangga termasuk salah satu dari rantai makanan, di mana beberapa jenis burung menjadikan serangga sebagai makanan utamanya. Namun jika jumlahnya tidak terkendali karena keseimbangan alam yang terganggu akibat berkurangnya pemangsa serangga, maka jumlah serangga akan tidak terkendali, karena salah satu sifatnya yang dapat berkembang biak dengan cepat, sehingga hal ini juga akan merugikan, baik bagi pertanian, perkebunan, kepada manusia secara langsung. Bebarapa daerah menjadikan beberapa jenis belalang sebagai bahan makanan, seperti belalang kayu, larva beberapa jenis kumbang juga di konsumsi sebagai makanan yang lezat. secara kandungan gizi belalang kaya akan kandungan protein hewani bahkan di hongkong, thailand dan beberapa negara Eropa beberapa hotel berbintang telah menyediakan menu dari belalang.
Makanan serangga

Makanan pada serangga tergantung pada tipe pada mulutnya, ada beberapa jenis tipe mulut pada serangga yang ini juga akan menentukan jenis makanannya yaitu : menusuk menghisap, menggigit mengunyah, mencium. dalam dunia serangga ada beberapa jenis makanan yang sering ditemukan, yaitu serangga jenis herbivora, karnivora dan ada juga omnivora.

Posting Komentar untuk "Mengapa Tubuh Serangga Kecil"